Rabu, 13 Oktober 2010

Proses Keperawatan

Ialah : - Metode sistematik dimana secara langsung perawat bersama klien secara bersama menentukan masalah keperawatan sehingga membutuhkan asuhan keperawatan, membuat perencanaan dan rencana implementasi serta mengevaluasi hasil asuhan keperawatan.

- proses yang terdiri dari 5 tahap : pengkajian keperawatan, analisa masalah ( diagnosa keperawatan ), perencanaan, implementasi, evaluasi.

Manfaat proses keperawatan

1. Aspek Administrasi

- Merupakan kegiatan dokumentasi berupa pencatatan dan pelaporan

- Bentuk aktualisasi diri sebagai perawat, dan perawat sebagai profesinya → angka kredit

2. Aspek hukum

Memberi perlindungan dan jaminan kepastian hukum bagi klien sebagai penerima asuhan dan perawat sebagai pemberi pelayanan keperawatan dan dapat dipertanggungjawabkan serta dipertanggunggugatkan.

3. Aspek ekonomi

Asuhan keperawatan dikatakan profesional, jika efektif dan efisien.

Efektif berarti dapat menyelesaikan masalah kesehatan klien, efisien berarti biaya perawatan proporsional

4. Aspek pendidikan dan penelitian

Karakteristik proses keperawatan

1. sistem terbuka, fleksibel dan dinamik

2. pendekatan individual pada setiap kebutuhan pribadi klien

3. hal yang direncanakan

4. diarahkan pada tujuan

5. fleksibel dalam memenuhi kebutuhan klien, keluarga dan komuniti

6. kesempatan fleksibilitas dan kreatiditas → pemecahan masalah

7. merupakan siklus, saling berhubungan

8. menekankan umpan balik → pengkajian ulang

9. menekankan validasi → membuktikan bahwa sesuatu itu benar

PENGKAJIAN

Merupakan dasar utama / langkah awal dari proses keperawatan secara keseluruhan.

Manfaat : membantu mengidentifikasi status kesehatan pola pertahanan klien, kekuatan dan kebutuhan klien serta merumuskan diagnosa keperawatan.

Tahap pengkajian keperawatan :

1. pengumpulan data

2. pengelompokkan / pengorganisasian

3. menganalisa dan merumuskan diagnosa

I. Pengumpulan Data

Dilakukan :

1. sejak klien masuk RS

2. selama dirawat

3. pengkajian ulang untuk menambah dan melengkapi data yang telah ada

Berdasarkan sumber data, data pengkajian dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Data primer

data yang diperoleh dari klien, bagaimanapun kondisi klien.

2. Data sekunder

Data yang diperoleh selain dari klien

Contoh : perawat, dr, ahli gizi, fisiotherapi, keluarga, catatan perawatan, karateks, hasil pemeriksaan ( laboratorium, rongent).

Cara pengumpulan data :

1. Observasi

Adalah pengumpulan data melalui hasil pengamatan ( melihat, meraba dan mendengarkan) tentang kondisi klien dalam rangka asuhan keperawatan.

2. Anamnesa / wawancara

Adalah cara pengumpulan data melalui tanya jawab kepada klien dan keluarga.

Petunjuk anamnesa :

- Privacy

- Explain the purpose

- Use the name

- Contact eye

- Don’t hurry

3. Pemeriksaan fisik

Adalah cara pengumpulan data melalui inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi dan pemeriksaan fisik lainnya. Seperti CRT ( Cappilary Refilling timing ).

a. Inspeksi adalah proses observasi yang sistematis yang tidak hanya terbatas pada penglihatan tetapi juga meliputi penghidung, penglihatan, pendengaran.

b. Palpasi adalah menyentuh / menekan permukaan luar tubuh dengan jari, sentuhan, tekanan, pemeriksaan dalam.

c. Perkusi adalah melakukan ketukan langsung / tidak langsung pada permukaan tubuh ttt untuk memastikan informasi tentang organ / jaringan yang ada dibawahnya. Menggunakan ujung jari, palu.

d. Auskultasi adalah mendengarkan bunyi dalam tubuh dengan bantuan stateskop dengan menggambarkan dan menginterpretasikan bunyi yang didengar.

II. Pengelompokkan Data

1. Data dasar

· Data fisiologis : RPS, RPD, RDK

· Data psikologis : perilaku, pola emosi, konsep diri, pola pemecahan masalah, daya ingat

· Data sosial : status ekonomi, kegiatan rekreasi, hubungan sosial keluarga

· Data spiritual : nilai / norma, kegiatan keagamaan, keyakinan, moral

· Tumbuh kembang : (anak)

2. Data khusus

Laporan anestesi, operasi, laboratorium

3. data obyektif

Data yang diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan / observasi secara langsung

Contoh : tanda vital, warna urin, kemerahan pada kulit

4. data subyektif

Data yang diperoleh berdasarkan keluhan / perkataan klien. Contoh : klien mengatakan perut terasa mual, klien mengeluh pusing.

III. Menganalisa data

Proses analisa adalah menghubungkan data yang diperoleh konsep teori, prinsip asuhan keperawatan yang relevan dengan kondisi klien.

Analisa data dilakukan melalui :

· Pengesahan data

· Membandingkan data

· Menentukan kesenjangan data

· Menafsirkan adanya kesenjangan

· Membuat kesimpulan tentang kesenjangan / masalah yang ada.

Kesalahan dalam pengkajian

1. memberi pendapat

2. generalisasi

3. diinteepretasikan sebagai data → tanpa validasi

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar